12.27.2010

Mengenal Istilah Herbal untuk Terapi Penyembuhan Penyakit

Istilah herbal dalam dunia terapi penyembuhan sebuah penyakit memiliki makna yang luas, yaitu segala jenis tumbuhan dan seluruh bagian-bagiannya yang yang mengandung satu atau lebih bahan aktif yang dapat dipakai sebagai obat (therapeutic). Misalnya tumbuhan tapak dara untuk penyakit leukemia, sambiloto, keladi tikus untuk solusi kanker payudara dan serviks, cakar ayam untuk penyakit serviks serta payudara, tumbuhan kunyit untuk kanker payudara, temu putih untuk serviks, kunyit putih, dan mahkota dewa sebagai solusi penyakit leukemia serta serviks.

Istilah Herbalogi 
Herbalogi berasal dari kata ‘Herba’ yang berarti tumbuhan dan ‘logi’ atau ‘logos’ yang berarti ilmu. Dengan demikian Herbalogi adalah ilmu yang mempelajari segala sesuatu yang berkait dengan tumbuh-tumbuhan. Dalam dunia pengobatan herbalogi dipahami sebagai sebuah konsep atau metode pengobatan dengan menggunakan bahan-bahan yang berasal dari herba (tanaman obat).
Terminologi obat herbal cukup populer dalam beberapa tahun terakhir. Salah satu pemicu kondisi ini adalah semakin mahalnya harga obat sintetis dan ketakutan masyarakat terhadap bahaya efek sampingnya.
Opini itu tumbuh seiring dengan kecenderungan gaya hidup yang mulai kembali ke produk-produk alami, hingga orang menyebutnya back to nature. Di berbagai negara, hal ini dikenal sebagai “gelombang hijau baru” atau dalam bahasa Inggrisnya adalah new green wave. Gerakan ini berupaya menggunakan kembali bahan-bahan yang didapat dari alam.
Selain derita yang ringan, banyak orang menunggu pengembangan obat herbal sebagai alternatif untuk penanganan penyakit mematikan semacam kanker. Apalagi hingga kini belum ditemukan obat spesifik yang bisa menghentikan perkembangan sel kanker pada tubuh pasien.

No comments:

Post a Comment